Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Senin, 25 Juni 2012

Cara Lengkap mudah edit framework android dan xml

Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android - Halo sobat pengguna Android, lama saya tidak update tutorial Android. Melanjutkan posting sebelumnya Cara Lengkap Mudah Menggunakan APK Tools kali ini saya akan membahas Tutorial Edit Framework dari Android tepatnya Mengedit File Framework-res.apk. Sebelumnya sobat silahkan download tool yang diperlukan dipostingan ini : Cara Lengkap Mudah Menggunakan APK Tools
Pada postingan sebelumnya saya telah membahas untuk  mengedit suatu file apk tanpa menggunakan APK Tools dan hanya menggunakan aplikasi WinRar. Langkahnya juga terbilang sangat mudah karena hanya mengubah file image. Kali ini sobat perlu lebih berkonsentrasi karena terbilang lumayan runyam. Seperti yang dijelaskan sebelumnya kali ini kita akan mengedit suatu file Framework dari Android yakni framework-res.apk sebagai salah satu sumber system dan GUI dari Android. Langsung saja sobat perhatikan perintah - perintah dari tutorial ini :


~~~ Download APK Tool ===> http://adf.ly/7KcIG

  • Silahkan download dlu APK Tools diposting sebelumnya. Apabila sudah silahkan sobat Extract bahan tersebut terserah dimana yang penting dalam sebuah folder ya, Perhatikan gambar berikut :
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Pada preaview gambar SS diatas saya menempatkan seluruh hasil Extract dari APK Tools dalam folder APK Tools, dan silahkan letakan file framework-res.apk sobat difolder yang sama seperti yang terlihat pada SS diatas
  • Sekarang kita siap untuk memulai Mengedit Menggunakan APK Tools, silahkan sobat jalankan file Command Prompt.bat, maka akan tampil jendela Command Prompt
  • Lalu langkah pertama silahkan sobat mengetikan perintah apktool if framework-res.apk untuk menginisialisasikan file atau untuk mendapatkan suatu file agar ia menjadi target moding kita, Perhatikan gambar berikut :
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Kemudian kita Decompile File framework-res.apk sobat dengan mengetikan perintah apktool d framework-res.apk maka akan terlihat proses dari decompile dan setelah proses selesai maka sobat akan menemui folder framework-res seperti gambar berikut :
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Jika langkah sebelumnya sobat lalui dengan sempurna tanpa gangguan eror maka sobat siap untuk membongkar file XML dan juga bisa modif Image GUI dari file terserbut. Disini saya contohkan untuk mengedit file XML untuk merubah default color dari Progress Horizontal seperti preview di Android saya berikut ini :
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Untuk merubah default color dari Progress Horizontal sobat silahkan masuk ke Directory dari APK Tools sobat kemudian masuk ke APK Tools\framework-res\res\drawable, silahkan lihat preview berikut untuk mempermudah pemahaman sobat :
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Setelah melihat preview diatas sobat pasti sudah mengerti kan, disana akan ditemui file progress_horizontal.xml nah file inilah yang akan kita modif untuk mendapati Progress Horizontal Color yang kita inginkan. Silahkan sobat buka file tersebut ( Saya Sarankan Untuk Menggunakan Aplikasi Notepad++ Untuk Mengeditnya, Bagi Yang Belum Memiliki Silahkan Masuk Ke Postingan Ini : Download Notepad++ Software Wajib Editing Source Code )
  • Silahkan buka file tersebut dengan Notepad++ lalu silahkan sobat ubah nilai color sesuai keinginan sobat, disini saya meniru nilai color dari ROM ICS, Perhatikan gambar berikut :
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Dalam gambar tersebut saya telah merubah nilai color, jika kurang jelas silahkan sobat perhatikan coding dibawah ini :

  xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android">
   
       
           
            #ff989898" android:endColor="#ff686868" android:angle="270.0" android:centerColor="#ff686868" />
       

   

   
       
           
               
                #5033b5e5" android:endColor="#800099cc" android:angle="270.0" android:centerColor="#800099cc" />
           

       

   

   
       
           
               
                #ff33b5e5" android:endColor="#ff0099cc" android:angle="270.0" android:centerColor="#ff0099cc" />
           

       

   

  • Dari coding diatas terlihat font berwarna merah, nah font berwarna merah itulah nilai color yang sobat bisa ubah sesuai selera
  • Bila sobat sudah selesai merubahnya silahkan sobat Save hasil edit sobat, kemudian kita siap untuk proses Compile file apk moding sobat dengan mengetikan perintah apktool b framework-res seperti preview berikut :
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Jika sudah maka sobat akan menemui folder baru dengan nama build didalam folder framework-res, Perhatikan gambar berikut:
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Silahkan masuk ke folder build tersebut kemudian masuk lagi ke folder apk maka akan didapati file resources.arsc dan kemudian klik kanan folder res dan pilih Open In New Window dan dari Jendela Windows yang keluar dan silahkan sobat lanjutkan masuk ke Directory hasil moding file progress_horizontal.xml, Perhatikan preview berikut :
Cara Lengkap Mudah Edit Framework Android
  • Nah dua file inilah yang akan kita Drag And Drop ke file utama framework-res.apk sobat yang ada didalam folder APK Tools. Silahkan buka framework-res.apk sobat dengan WinRar kemudian Drag And Drop kedua file tersebut ( resources.arsc dan progress_horizontal.xml ) ke jendela aplikasi WinRar yang telah aktif pada file framework-res.apk seperti gambar dibawah ini :
Nah kalo sudah silahkan push framework-res.apk hasil moding sobat ke Androidnya ya . . .
Note :
  1. Drag And Drop dilakukan dengan cara klik kiri dan tahan lalu seret file tersebut ke WinRar
  2. Jika sobat bingung cara membuka framework-res.apk dengan winrar sobat juga bisa lakukan hal yang sama dengan cara Drag And Drop framework-res.apk ke Jendela WinRar
  3. Langkah - langkah diatas harus sobat lakukan dengan benar tanpa eror sedikitpun, jika menemui eror lebih baik sobat ulangi dari awal hingga eror tidak ditemui karena akan mengakibatkan bootlop pada Android sobat
  4. Kemungkinan karakteristik file dan nama - nama file dari apk yang sobat ingin modif akan berbeda disetiap versi ROM device ( Saya menggunakan framework-res.apk dari Samsung Galaxy Mini DXKT4 2.3.6 ) maka silahkan sobat sesuaikan sendiri masing masing file yang ingin dimodif dan untuk caranya pada pinsipnya sama
* Note
- Tested On My Samsung Galaxy Mini Device
- Do With Your Own Risk

Credit : http://thephreakers.blogspot.com/2012/05/cara-lengkap-mudah-edit-framework.html

0 komentar:

Posting Komentar